Monday 4 December 2017

jurnal eksplorasi 2017

Jurnal

Tanggal 29 Oktober
Malam ini, aku packing untuk EKSPLORASI besok.
Aku memilih baju yang gampang kering dan gampang di bawa ke Pulau. Aku juga mencatat barang barang yang aku harus bawa.

Tanggal 30 Oktober
Aku bangun jam 04:00 lalu aku siap-siap. Aku pergi ke Stasiun naik Gojek. Sampai di Stasiun, aku bertemu dengan Yla, Vyel, dan Kak Lini. Kereta pertama datang jam 05:00. Sambil menunggu kereta dan Ratri, kita ngobrol bersama dulu. Akhirnya Ratri sudah datang, kita langsung naik ke kereta. Saat kita sudah sampai di stasiun Kota, kita bertemu dengan teman-teman dan mentor-mentor lain. Lalu kita naik Mikrolet M15 untuk ke Sunda Kelapa. Sampai di Pelabuhan Sunda Kelapa, Aku bertemu dengan beberapa teman lagi, lalu kita naik ke kapal. Di kapal, kita diskusi untuk nanti di Pulau Harapan. Selesai diskusi, kita ngobrol bersama, mengerjakan logbook dan jurnal. Kita juga diberi tugas untuk wawancara penumpang di kapal. Selesai wawancara, kita menikmati dan memotret pemandangan yang indah. Sampai di Pulau Kelapa, kita langung jalan untuk ke Pulau Harapan. Sebelum sampai di Pulau Harapan, kita berhenti di Salah satu sekolah TK untuk minum jus dan makan makarna ringan. Lalu kita ke PTSN II untuk makan siang dan kordinasi. Lalu kita ke rumah keluarga inang, menyoba dodol, dan rumput laut buatan ibu Sulha, dan istirahat. Saat kita sudah selesai istirahat, kita mengerjakan output. Aku mewawancarai 1 ibu di dekat pantai, tapi saat aku wawancara ibu tersebut, tiba-tiba kamera Aku mati karena habis batrai, jadi aku, Anja, dan Katya kembali ke rumah keluarga dulu untuk mengambil batrai cadangan. Saat aku sudah membawa batrai cadangan, aku mewawancarai warga lain. lalu kita kembali ke rumah keluarga untuk makan malam dan ngobrol bersama. Jam 08:00 malam, kak Sari (mentor kita) datang dan kita diskusi tentang eksplorasi bersama kak Sari. Waktunya istirahat. Aku, Anja, dan Katya ngobrol dulu sebelum tidur. Kita tidur jam 10:00 malam.

Tanggal 31 Oktober
Pagi ini, kita bangun jam 05:00, aku dan Katya di bangunkan oleh Anja. Kita langsung siap-siap ke Pulau Perak. Kita bertemu bersama teman yang lain lalu kita naik perahu. Di perahu, aku dan teman-teman yang lain ngobrol bersama, menikmati udara sejuk, dan menikmati pemandangan indah. Sebelum ke Pulau Perak, kita ke Pulau Kayu Angin Bira. Di Pulau Kayu Angin Bira, kita mengambil banyak sampah yang ada disini. Ternyata, walaupun di Pulau Kayu Angin Bira ini tidak ada penduduk, sampah disini juga banyak sekali. Lalu kita naik perahu lagi untuk snorkling. Di perahu udaranya sudah semakin panas, tetapi anginnya tetap sejuk. Saat kita sudah sampai di lokasi snorkling, ada beberapa teman langsung lompat dan ada beberapa yang tidak. Aku butuh waktu yang sedikit lama untuk masuk ke air, tapi akhirnya aku masuk juga. Pertama-tama aku sedikit takut saat masuk ke air, karena aku sudah lama tidak snorkling dan aka juga tidak terlalu suka ikan dan terumbu karang, tapi ternyata seru juga :). Selesai snorkling, kita naik perahu lagi untuk ke pulau Perak. Di pulau Perak, kita makan siang, dan bersenang-senang. Kita main pasir, ngobrol-ngobrol, dan kita juga buat permainan bersama. Disana kita menghabiskan waktu kira-kira 3 jam. Lalu kita pulang ke rumah keluarga nik perahu lagi. Di perahu, ada beberapa teman yang tidur karena lelah. Sampai di Pulau Harapan, kita foto bersama dulu baru kita ke rumah keluarga masing-masing. Sampai di rumah keluarga, kita istirahat lalu kita makan bersama.

Tanggal 1 Oktober
Pagi ini, kita bangun jam 05:00, Anja dan Katya dibangunkan dengan… Aku hehehe. Kita langsung mandi dan siap-siap menjalankan kegiatan. Kita Sarapan dulu, seperti biasa, sarapannya di masak oleh ibu Sulha. Selesai sarapan, kita langsung pergi keluar untuk mengerjakan output masing-masing. Hari ini kita seharian mengerjakan output. Kita mencari narasumber masing-masing untuk di wawancara. Aku mewawancarai kepala puskesmas di Pulau Harapan bernama Dr. Mirsal. Aku ke puskesmas bersama Anja. Di Puskesmas, kita harus menunggu sampai dokter, perawat, dan petugas selesai makan siang. Selesai makan siang, aku dan Anja diajak ke lantai atas untuk bertemu dengan Dr. Mirsal. Kita di Puskesmas sedikit lama karena, kita ngobrol bersama dulu dengan Dr. Mirsal. Selesai mengerjakan output, kita eksplorasi pulau. Kita ke Penangkaran Penyu,  dan bertemu dengan teman-teman yang lain. Saat sudah sore hari, tiba-tiba aku baru sadar kalau dompet aku hilang. Aku dibantu oleh teman-teman untuk mencari dompet aku yang hilang. Kita mencari ke taman beramain, gazebo, rumah keluarga, sampai ke Penangkaran penyu, tapi dompetnya masih tidak ketemu :( Selesai mencari dompet, kita bertemu dengan teman-teman yang lain, lalu kita ngobrol bersama. Ternyata, tugasku belum selesai, aku harus mewawancara 2 orang lain, tapi kali ini wawancaranya tertulis dan tidak di rekam dengan kamera. Jam 06:00 kita pulang ke rumah keluarga masing-masing. Di rumah keluarga, kita istirahat sebentar sambil menunggu makan malam. Saat makan malam sudah selesai dimasak, kita langsung makan bersama ibu Sulha dan ngobrol bersama, oh iya, kita juga pamitan dulu karena besok kita mau pulang. Selesai makan malam, kita naik ke kamar untuk packing barang-barang dan tidur. seperti biasa, kita tidak langsung tidur, kita ngobrol-ngobrol dan ketawa-ketawa dulu, baru kita tidur.

Tanggal 2 Oktober
Pagi ini aku dan Katya dibangunkan dengan Anja. Kita bangun jam 04:00an karena kita mau pastikan supaya tidak ada barang yang tertinggal. Lalu kita mandi dan siap-siap pulang. Aku, Anja, dan Katya diberi dodol, rumput laut, dan keripik ikan dengan ibu Sulha untuk oleh-oleh dari Pulau Harapan. Selesai pamitan, kita langsung ke kapal. Di kapal, kita istirahat, buat output, dan bersenang-senang. Beberapa menit kemudian, kapalnya pun berangkat. Dadaaa Pulau Harapan. Seperti biasa, di kapal kita foto-foto pemandangan dan main bersama. Aku dan teman-teman juga bermain kartu di kapal. Saat kita sudah sampai di Pelabuhan Sunda Kelapa, bebrapa teman naik bus untuk ke stasiun ada beberapa teman juga langsung di jemput orangtuanya di Pelabuhan. Aku dan Ratri naik kereta ke station Kranji. Saat sudah sampai di stasiun Kranji, kita disambut dengan orangtua kita masing-masing. Aku naik mobilnya Ratri untuk pulang kerumah. Kita cerita tentang perjalanan kita saat eksplorasi, dan Aku juga cerita tentang dompetku yang hilang :”) .