Saturday 21 April 2018

Pertolongan pertama pada orang tenggelam






Kalian pasti pernah melihat atau mendengar berita tentang orang yang tenggelam, dan biasanya orang yang tenggelam itu bisa saja meninggal kan? sereeemmmm >.<
Jadi sekarang aku akan memberikan cara menolong orang yang tenggelam! 
Semoga bermanfaat yaaaa :)



  1. Sebelum kalian ke pulau, kalian wajib belajar renang terlebih dahulu, agar kalian berangkat dan pulang dengan selamat! Atau tidak, bawa teman yang jago renang bersamamu.

  1. Saat kamu dan temanmu ada di air dan temanmu tenggelam, kamu harus menyelamatkan dirimu terlebih dahulu, karena biasanya orang yang tenggelam akan memegang benda atau orang yang paling dekat dengannya untuk menyelamatkan diri. (aku pernah di gituin :”)

  1. Kalau kamu jago berenang, kamu bisa berenang dan selamatkan korban, kalau kamu tidak bisa berenang, kamu bisa suruh teman kamu yang bisa berenang untuk menyelamatkan korban, kalau semuanya tidak bisa berenang……. kalian boleh pakai tali atau kayu untuk menarik korban (kalau korban masih sadar)

  1. PALING PENTING: Kalau ada teman yang tenggelam, langsung di tolong! jangan videoin hanya untuk menambah viewers!




Cara menolong korban yang pingsan

1. Membaringkan korban dengan kepala lebih rendah dan badannya. Pastikan pula bahwa saluran pernapasannya terbebas dari benda benda menghambat.
2. Luruskan posisi badan.
3. Lepaskan atau longgarkan pakaiannya.
4. Usapkan kain basah ke bagian muka, dan biarkan ia untuk mengisap bau amoniak, minyak kayu putih, kolonye atau bau-bauan lain yang menyengat.
5. Bila korban telah siuman, minumkan kopi atau teh panas. Bila pingsan telah berlangsung lebih dan satu atau dua menit, selimuti korban dengan kain yang hangat agar tubuhnya tetap hangat.
6. Panggillah ambulans dan bawalah ke rumah sakit/puskesmas terdekat
~informasi dari Detik Life

No comments:

Post a Comment